Obat Tradisional Bagi Penderita Asam Urat

Ramuan obat tradisional bagi penderita asam urat dapat dengan mudah di temukan di sekitar kita, bahkan sejak dulu nenek moyang kita telah menggunakan ramuan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk untuk mengobati penyakit asam urat. Tapi sebelum membahas lebih mendalam mengenai obat tradisional bagi penderita asam urat, kita bahas dulu tentang penyakit asam urat, penyebab dan tentunya obat tradisional bagi penderita asam urat yang telah terbukti ampuh, aman dan tanpa efek samping.

Penyakit Asam Urat


obat tradisional bagi penderita asam urat
Penyakit asam urat merupakan jenis umum dari arthitis atau peradangan sendi yang terjadi ketika terlalu banyak asam urat dalam tubuh, menyebabkan asam urat mengkristal dalam sendi dan biasanya akan mengakibatkan sendi jadi meradang, sakit dan kaku. Tingginya kadar asam urat juga dapat menyebabkan benjolan di bawah kulit yang disebut tophi, kerusakan organ ginjal atau bahkan gagal ginjal, kadar normal asam urat dalam darah sekitar 4 mg/dl.

Penyakit asam urat terjadi bisa karena di turunkan secara genetik ataupun karena kondisi lain. Jika tidak segera di obati penyakit asam urat dapat menyebabkan kerusakan sendi secara permanen dan sering menyebabkan kecacatan.

Asam urat biasanya menyerang dan banyak di derita oleh pria di atas usia 40 tahun, tapi secara umum dapat terjadi kapan saja dan siapa saja termasuk wanita terutama setelah menopause. Asupan makakan dan alkohol yang berlebihan, infeksi, stress fisik atau emosional, operasi dan penggunaan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan meningkatkan gejala asam urat.

Tanda dan Gejala Asam Urat


  • Rasa sakit yang hebat pada pankal jempol kaki, jari kaki, pergelangan tangan, siku, lutut atau pergelangan kaki
  • Pesendian berwarna merah, bengkak, panas dan kaku
  • Demam tinggi (39°C) bisa disertai menggigil ataupun tidak
  • Gejala dapat menyerang secara tiba-tiba dengan cepat terutama saat malam hari atau pagi hari saat bangun tidur atau saat cuaca dingin

Penyebab Asam Urat


Penyebabab penyakit asam urat karena tubuh terlalu banyak menghasilkan asam urat dan atau karena organ tubuh kita tidak bisa mengeluarkan kelebihan asam urat secara maksimal. Sehingga asam urat akan terakumulasi pada jaringan dalam bentuk jarum seperti kristal yang menyebabkan rasa sakit. Asam urat terbentuk ketika tubuh mencerna purin, yaitu senyawa yang ditemukan pada beberapa makanan dan minuman seperti kacang kerin, hati, anggur dan minuman beralkohol.

Dalam sebuah studi yang di lakukan selama 12 tahun, dari 47.000 pria dewasa yang mengkonsumsi daging merah (termasuk jeroan) atau makanan laut memiliki resiko 50% terserang penyakit asam urat. Berikut ini beberapa faktor penyebab penyakit asam urat lainnya :

  • Faktor gentik atau keturunan
  • Tingginya kadar trigliserida
  • Minum minuman beralkohol
  • Mengkonsumsi makanan yang kaya purin seperti daging, kerang dan roti manis
  • Sindrom metabolik
  • Obesitas atau kegemuakan

Ramuan Obat Tradisional Bagi Penderita Asam Urat


obat tradisional bagi penderita asam urat

Berikut beberapa ramuan tradisional yang biasa digunakan oleh penderita asam urat untuk mengurangi gejala dan mengoabati penyakit asam urat, antara lain :

1. Lemon Jus
Jus lemon banyak mengandung khaisat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita, lemon jus bisa di gunakan sebagai obat tradisional bagi penderita asam urat kerena kemanpuannya untuk menetralisir kelebihan asam urat dalam darah. Selain itu, kandungan vitamin C dalam jus lemon juga dapat menurunkan kadar asam urat. Caranya, campur perasan lemon dengan segelas air hangat. Minum saat perut masih kosong pada pagi hari, ulangi sampai beberapa minggu atau sampai kadar asam urat menurun.

2. Baking Soda
Sejatinya baking soda dikenal sebagai bahan untuk membuat kue, selain itu ternyata baking soda mempunyai khasiat yang luar biasa untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Khasiat dari baking soda antara lain, menjaga keasaman tubuh dan mempermudah larutnya asam urat dalam darah yang selanjutnya dikeluarkan oleh ginjal bersama urine. Selain itu baking soda juga dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan sendi.

Baking soda juga bisa di kombinasikan dengan obat tradisional bagi penderita asam urat lainnya yaitu lemon jus. Caranya, campurkan satu setengah sendok teh baking soda dengan satu gelas jus lemon, segera minum setelah buih sodanya hilang.

3. Kunyit dan Jehe
Ramuan obat tradisional asam urat yang satu ini telah di wariskan oleh nenek moyang kita secara turun menurun. Banyak khasiat dan manfaat dari kunyit dan jahe, salah satunya untuk mengobati asam urat. Cara membuatnya, Campur masing-masing satu sendok teh bubuk kunyit dan bubuk jahe lalu seduh dengan air hangat dan minum selagi hangat dua kali sehari.

Kunyit juga bisa dibuat menjadi pasta, caranya panaskan segelas air dengan bubuk kunyit selama lima menit, setelah menjadi pasta atau mengental dinginkan dan simpan di lemari pengdingin. Ramuan obat tradisional bagi penderita asam urat ini akan terasa enak karena dicampur dengan susu hangat, cara penyajiannya tambahkan dua sendok teh pasta kunyit pada segelas susu hangat, minum setiap pagi saat merut masih kosong.

4. Cuka Apel
Untuk menjaga keasam tubuh bisa juga dengan ramuan yang tebuat dari cuka apel, cuka dari sari apel mempunyai khasiat sebagai pembersih racun, membuang limbah dalam tubuh termasuk kelebiahan asam urat urat. Cuka apel mengandung asam malat yang berkhasiat untuk memecah dan menhilangkan asam urat dalam tubuh. Caranya, campurkan satu sendok teh cuka apel dengan segelas air, minum ramuan obat trasisional asam urat ini dua atau tiga kali sehari.

5. Daun Salam
Selain dikenal sebagi bumbu masakan, ternyata daun salam bisa digunakan untuk mengobati asam urat dan kolesterol tinggi. Senyawa yang terkandung dalam daun salam seperti flavonoid, tannin dan minyak atsiri dipercaya dapat mencegah dan mengobati asam urtat

6. Daun Pandan
Daun pandan mempunyai khasiat sebagai anti oksidan, anti-alergi dan anti inflamasi, senyawa flavonoid dalam pandan berkhsiat untuk menjaga jaringan ikat dan kesehatan pembuluh darah. Pandan dipercaya dapat mengobati penyakit ginjal seprti batu ginjal, jika kondisi ginjal sehat maka proses ekresi kelebihan asam urat bisa maksimal.

7. Sambiloto
Sambiloto atau dikenal juga dengan papaitan atau bidara dapat digunakan untuk mengobati penyakit asam urat, senyawa flavonoid, aldehid, keton dan alkaline yang terkandung dalam sambiloto bisa mengurangi kadar asam urat dalam tubuh yang mempunyai sifat sebagai anti peradangan.

8. Kumis Kucing
Tanaman herbal dengan bunga berwarna putih seperti kumis kucing ini sejak lama telah digunakan untuk mengobati penyakit pada organ ginjal dan saluran kencing. Kumis kucing juga bisa membatu menguatkan fungsi ginjal dan bersifat dieurik, sehingga proses pembuangan asam urat dalam tubuh bisa lebuh maksimal.

9. Arang Aktif
Khasiat dari arang aktif ini adalah dapat menerap asam urat. Caranya, siapkan air hangat dalam bak atau meber lalu tambahkan setengan cangkit bubuk arang aktik. Rendam bagian tubuh atau persendian anda yang terkena asam urat kurang lebih setengah jam, lalu bilas dengan air bersih

Selain dengan menggunakan ramuan obat tradisional bagi penderita asam urat diatas, pengobatan penyakit asam urat harus di ikuti dengan perubahan pola makan dan gaya hidup dengan yang sehat. Hindari makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan, hati, ginjal, daging merah, teri, seafood, sarden, alkohol dan makanan yang mengandung purin tinggi lainnya. Perbanyak makan buah-buahan seprerti cery, apel dan pisan setiap harinya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Obat Tradisional Bagi Penderita Asam Urat"

Posting Komentar